Tutorial Modding Map ES MOD
Halaman ini akan membahas pembuatan dan konfigurasi Mod Map untuk game ESMOD. Ikuti tiap langkahnya dengan seksama agar Mod yang sudah kamu buat bisa berfungsi normal di dalam game.
KONFIGURASI MAIN MAP
1. Tools:
Blender 2.79
Adobe Photoshop (bisa selain Photoshop).
2. Persiapan 3D
2.1 Pastikan semua material sudah terisi oleh texture.
Cara masukkan texture ke material:
- Pilih material
- New
2.2 Semua texture gunakan format .JPG
2.3 Untuk material kaca gunakan format .PNG
2.4 Reset rotation dan scale dengan cara
Select semua (A) > Ctrl+A > Rotate & Scale
2.5 Set Origin to 3D Cursor dengan cara
Shift + C (reset 3D cursor)
select semua (A) > Shift+Ctrl+Alt+C > Set Origin to Center of Mass
(Surface)
3. Menentukan tipe surface
3.1 buat plain axis lalu masukkan mesh sesuai kebutuhan
Shift+A > empty > plain axes
"mesh.building" digunakan untuk mesh bangunan
"mesh.decal" digunakan untuk mesh yang transparan
"mesh.grass" digunakan untuk mesh rumput
"mesh.mud" digunakan untuk mesh lumpur
"mesh.sand" digunakan untuk mesh pasir
"mesh.water" digunakan untuk mesh air
"mesh.minimap" digunakan untuk mesh minimap
"mesh.far" digunakan untuk mesh yang jauh misal gunung dll
4. Menumbuhkan pohon
4.1 buat empty plain axes rename menjadi angka 1-100 . angka
tersebut adalah seberapa banyak pohon yang ingin di spawn pada
mesh. semakin banyak maka semakin berat saat loading awal
4.2 masukkan ke dalam mesh yang ada pada "mesh.grass"
*Penting*
4.3 pastikan apply transform meshnya
CTRL+A -> Posisition
CTRL+A -> Posisition
CTRL+A -> Rotation & Scale
5. Membuat minimap
5.1 masukkan mesh ke "mesh.minimap"
5.2 pastikan material mesh menjadi solid putih
6. Membuat spawn point
6.1 buat empty plain axis rename menjadi "spawnpoint"
Shift+A > empty > plain axes
6.2 buat empty plain axis rename menjadi "start" lalu
masukkan ke spawnpoint
Shift+A > empty > plain axes
6.3 sesuaikan posisi start
7. Membuat Misi
7.1 buat empty plain axis rename menjadi "mission"
Shift+A > empty > plain axes
7.2 buat empty plain axis rename menjadi
"mode:timetrial" -> untuk mode timetrial / bermain dibatasi
dengan waktu
"mode:drift" -> untuk mode mengumpulkan point dengan
berseluncur / drift
Shift+A > empty > plain axes
7.2.1 untuk mode:timetrial menentukan batas waktu dengan
cara buat empty plain axis rename menjadi time:300 (300 berarti 300
detik. ubah sesuai keinginan)
7.3 buat 3D start point . disini saya menggunakan 3d cylinder
Shift+A > Mesh > Cylinder
posisikan sesuai keinginan
rename menjadi "start"
jangan lupa apply rotate dan scale
CTRL+A > rotate & scale
CTRL+A > rotate & scale
7.4 buat 3D finish point . disini saya menggunakan 3d cylinder
Shift+A > Mesh > Cylinder
7.4.1 posisikan sesuai keinginan
7.4.2 rename menjadi "finish"
7.4.3 jangan lupa apply rotate dan scale
CTRL+A > rotate & scale
CTRL+A > rotate & scale
7.5.1 buat empty plain axis rename menjadi "mission.waypoint"
Shift+A > empty > plain axes
7.5.2 buat 3D finish point . disini saya menggunakan 3d
cylinder
Shift+A > Mesh > Cylinder
7.5.3 posisikan sesuai keinginan
7.5.4 masukkan ke mission.waypoint
7.5.5 jangan lupa apply rotate dan scale
CTRL+A > rotate & scale
CTRL+A > rotate & scale
7.5.6 duplicate lalu posisikan lagi
SHIFT + D
8. Membuat Traffic
8.1 buat empty plain axis rename menjadi "traffic.waypoint"
Shift+A > empty > plain axes
Shift+A > empty > plain axes
8.2 buat empty plain axis rename menjadi apa saja dan posisikan di jalan pada map
Shift+A > empty > plain axes
duplicate lalu posisikan lagi
Shift+D
Shift+A > empty > plain axes
duplicate lalu posisikan lagi
Shift+D
# Pastikan titik waypoint ada di atas mesh map *perhatikan gambar dibawah
0 Response to "Tutorial Modding Map ES MOD"
Posting Komentar